Hari Visibilitas Lesbian Internasional, Kenapa itu Penting?

Penerjemah: Pudji Tursana & Febbry Bhirink

Foto: https://blog.moovz.com/day-lesbian-visibility

Lesbian di seluruh dunia memperingati Hari Visibilitas Lesbian Internasional setiap 26 April sejak 2008, untuk menuntut hak-hak yang setara bagi seluruh lesbian.

Gerakan ini lahir dari gerakan LGBT di Spanyol, sebagai bagian dari aktivitas-aktivitas mereka yang terlihat, berdasarkan posisi lesbian di masyarakat dan ruang publik.

Seiring berjalannya waktu, gerakan LGBT mendesak institusi pemerintahan untuk mempromosikan kesetaraan dan menghentikan diskriminasi terhadap perempuan dan lesbian.

Hal ini dilakukan dengan cara mendukung lesbian untuk berani menampilkan jati diri dan menjadi panutan sosial yang positif, sehingga kecurigaan dan stereotipe yang selama ini
dilekatkan oleh masyarakat terhadap mereka akan runtuh.

Sayang sekali di masa kini, berbagai negara dan masyarakat bisa membuatmu merasa dirimu adalah bagian dari minoritas ganda: satu sebagai perempuan, dan lainnya sebagai lesbian. Fakta ini menekan visibilitas lesbian karena malah ada yang menggaungkan rasa takut akan ditolak, dipecat, atau dilecehkan.

Tapi di sisi lain, penting untuk mengetahui bahwa visibilitas itu penting bagi masyarakat untuk bergerak maju.

Secara definisi, visibilitas adalah fenomena yang menganggap keberagaman seksual sebagai suatu kenormalan, sebagaimana keberagaman masyarakat, melalui bentuk perwujudan yang berbeda-beda, baik pasif maupun aktif.

Menjadi visibel adalah jalan untuk meneguhkan martabat dasar kemanusiaanmu dengan cara memperlihatkan dirimu sebagaimana adanya kamu dan bukan “berpura-pura sebagai apa yang masyarakat inginkan terhadapmu”; dan di sinilah kepentingan menjadi visible itu nyata.

Jangan takut mengekspresikan diri sebagaimana adanya dirimu, selalu visible.

Artikel ini kami terjemahkan dari situs https://blog.moovz.com/day-lesbian-visibility 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *